Sabtu, 04 Juli 2009

Prinsip Dasar CDMA

Code Division Multiple Acces (CDMA) termasuk didalamnya 2 teknologi dasar yaitu code divison berdasarkan spread spectrum dan teknologi multiple acces. 2 Dasar teknologi ini berkombinasi mendukung tekhnis dari sistem komunikasi mobile CDMA pada saat ini.

Teknologi Spread spectrum ( Komunikasi Spread spectrum) bersama-sama dengan komunikasi fiber optik dan komunikasi satelit adalah 3 hi-tech mode transmisi komunikasi.

dasar ide dan teori dasar dari komunikasi spread spectrum adalah formula Shannon. Shannon memecahkan sebuah formula untuk teori informasi kapasitas channel dalam risetnya :

C= B * log2 (1+S/N)
- C adalah kapasitas channel dalam bit/s
- B adalah sinyal bandwith dalan Hz
- S adalah power rata- rata dari sinyal dalam W (watt)
- N adalah power ratat- rata dari noise dalam W (watt)

Formula ini menunjukkan bahwa jika kecepatan transmisi informasi C adalah fix/tetap. Perbandingan Bandwith dan sinyal ke noise S/N akan berubah.Dengan meningkatnya channel informasi didapatkan pengiriman yang benar pada kecepatan yang sama kecil dengan perbandingan signal to noise. Sebagai tambahan, komunikasi yang benar maka dapat menahan peningkatan bandwith sinyal bahkan ketika sinyal masuk kedalam noise. Ini artinya keuntungan dari tingginya perbandingan signal to noise dapat diperoleh dengan spreading spectrum dan pengiriman informasi dalam sinyal pita lebar.

- Proses Spread dan Despread

Teknologi spread spectrum adalah sebuah mode transmisi informasi yang menyertakan modulasi dengan kode spread pada pemancar untuk membuat sinyal bandwith jauh lebih besar daripada bandwith yang dibutuhkan oleh data, dan demodulasi pada penerima menggunakan kode spread yang sama untuk memperoleh data yang asli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar